Cara Baru Melihat Persaingan

Bagi pemula bisnis, persaingan sering kali dipandang sesuatu yang mengerikan sebagai usaha untuk mematikan pesaing lainnya ( sebagian perspektif ), padahal inilah seni dalam bisnis. karena tanpa persaingan, siapa yang akan menjamin orang untuk selalu berinovasi?

Saat ini persaingan itu tidak lagi diartikan sebagai usaha untuk mematikan pesaing lainnya, tetapi dilakukan untuk memberikan sesuatu yang terbaik dari bisnisnya.

cara baru melihat persaingan tersebut adalah sebagai berikut :

PARADIGMA LAMA

* “Yang lain” adalah musuh saya
* Nama permainan itu adalah kemenangan
* Saya lebih baik dari mereka
* Saya terpisah dari yang lain

PARADIGMA BARU-nya

* “Yang lain” adalah benchmark saya
* Nama permainan itu adalah pengembangan terus-menerus
* Saya adalah sesuatu yang penting
* Saya adalah bagian dari komunitas

semoga ini bisa menambah semangat kita dalam terus berkarya mewujudkan hasil terbaik.

Leave a Reply

