Agar Hidup Semakin Bermakna

oleh : Jamil Azzaini
( Inspirator Sukses Mulia – Kubik Training & Konsultancy )

Life begin at 40, kata kebanyakan orang.  Usia saya sudah satu tahun melebihi angka itu. Jadi saya sudah menempuh setengah lebih perjalanan hidup, itupun bila Sang Pemberi Hidup mengizinkan saya menapak di bumi melebihi usia 70 tahun.  Kematian itu misteri, tak ada yang tahu kapan dia akan datang. Duh, andaikan dia datang menjemputku hari ini, bekal apa yang bisa saya bawa pulang?
Bila ingat hal itu, saya tidak ingin menyia-nyiakan waktu. Saya menghindar dari orang-orang yang lebih sering berkata negatif, menjelek-jelekkan orang lain sambil menunjukkan dirinyalah yang hebat.  Saya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk lebih mencintai dan memperhatikan istri, anak, orang tua dan saudara-saudara saya.

Saya juga ingin semakin cepat mewujudkan bintang terang atau mimpi-mimpi hidup. Semakin tua, saya semakin senang membaca artikel tentang kesehatan, kematian dan kisah hidup banyak orang.  Dan lebih dari semua itu, saya ingin semakin dicintai penduduk langit dan memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi penduduk bumi.
Semakin mendalami hal itu saya semakin yakin bahwa sebelum kita ”pulang” dijemput kematian, kita harus meninggalkan sesuatu yang berarti bagi keluarga, sahabat dan komunitas. Sesuatu yang berarti bukanlah selalu harta. Banyak orang besar dunia yang telah tiada, dikenang bukan karena warisan kekayaannya. Mereka dikenang karena ”membebaskan” kebodohan, penindasan, kemiskinan.  Mereka dikenang karena telah banyak mengubah makna hidup yang lebih hakiki dan penuh arti. Mereka juga dikenang karena bisa dijadikan tauladan kebaikan, perjuangan, kontribusi dan kegigihan menjalani hidup.
Untuk menuju hidup yang lebih bermakna, saya menyarankan Anda untuk mengajukan beberapa pertanyaan yang akan selalu menginspirasi dan memprovokasi hidup Anda.  Saya sudah mempelajari banyak kehidupan orang hebat, baik yang masih hidup maupun yang telah tiada.  Salah satu kelebihan mereka dibandingkan yang lain adalah mereka lebih disiplin melakukan refleksi dan introspeksi diri.  Jadi, ajukanlah pertanyaan-pertanyaan yang berharga dalam hidup Anda. Kualitas pertanyaan akan mengarahkan kualitas kehidupan Anda.
Kebanyakan orang tidak pernah tahu bagaimana cara menjalani hidup, dan baru mengetahuinya ketikan kematian telah dekat. Namun pada saat itu benar-benar sudah terlambat.  Maka segeralah ajukan pertanyaan-pertanyaan penting dalam kehidupan Anda.

Untuk membantu Anda, saya biasanya mengajukan lima pertanyaan untuk diri sendiri setiap pagi dan menjelang tidur. Ajukanlah pada diri sendiri kelima pertanyaan itu, hari ini juga.  Tuliskanlah jawaban Anda dalam buku jurnal atau buku harian yang Anda miliki.  Renungkan…, pikirkan…, dan diskusikan jawaban itu dengan diri Anda sendiri.

Bayangkan bahwa hari ini adalah hari terakhir dalam hidup Anda dan sang penjemput kematian telah menunggu di depan rumah. Lalu bertanyalah pada diri sendiri:

  1. Apakah saya sudah mewujudkan banyak prestasi dalam hidup?
  2. Apakah saya menjalani kehidupan dengan sepenuh hati?
  3. Apakah saya mencintai dengan baik orang-orang di sekeliling saya?
  4. Apakah dunia yang kutinggalkan jauh lebih baik dibandingkan ketika saya hadir di muka bumi? Apa yang sudah saya perbuat?
  5. Apakah Sang Pencipta tersenyum menyambut saya ”pulang”?
Saya berharap jawaban-jawaban Anda akan membantu Anda menjalani hidup dengan penuh makna, bergairah, dan bersuka cita. Berpikirlah jernih, bahwa kita hadir dimuka bumi ini bukan untuk menjadi beban bagi orang lain, kita hadir untuk memberikan arti dan makna. Jangan tunda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas hari ini juga.   Bukankah pepatah China mengatakan ”hari terbaik pertama untuk menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu. Dan hari terbaik kedua adalah hari ini” Saya yakin Anda tak ingin kehilangan hari terbaik kedua itu. Jadi, jawablah dan tuliskanlah jawaban Anda hari ini juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s